Kamis, 26 April 2012

Hari Kartini

Setiap Tanggal 21 April..Sebetulnya kalau dibilang Kartini adalah pahlawan wanita, pahlawan emansipasi wanita pertama.. saya kurang setuju, mungkin benar beliau sebagai pahlawan emansipasi wanita di Indonesia tetapi emansipasi sebetulnya sudah ada sejak jamannya nabi Muhammad SAW..pasti kita sering mendengar cerita tentang isteri beliau, Khatijah sebagai pengusaha sukses, Aisyah sebagai Guru yg sangat cerdas..secara tidak langsung nabi Muhammad telah menanamkan semangat emansipasi bagi wanita dengan disilahkannnya isteri2 beliau mengejar keinginannya,  asal tidak melupakan kodrat mereka sebagai seorang ibu dan isteriJ.
Hari Kartini…pasti mengingatkan saya akan kenangan indah masa kecil. Sampai saat inipun..saya sering berhenti jika bertemu dengan anak-anak yang Kartinian di sekolahnya dengan memakai baju-baju daerah dan berpawai.

Hari Kartini saat saya masih kecil
Kartini bermakna, memperingati hari kartini, saat kita di TK pasti pernah disuruh memakai baju adat dan berpawai di alun-alun, begitupula dengan saya. Sayang foto kenangan mengenai kartini di rumah(blitar-red) jadi belum ada dokumentasinya disini. Seingat saya TK nol kecil saya dirias ibu memakai baju daerah manado dengan rok menggelembungnya dan hiasan di kepala, beda lagi saat di TK nol besar saya dirias ibu dengan adat minangkabau, saya ingat ibu membuat tanduk dari kertas yang dipakai hiasan di dahi. Kami berangkat bersama-sama dengan naik colt back sedangkan ibu mengikuti dari belakang dengan naik sepeda motor, berpawai bersama-sama..kami sangat bahagia, saya kembali keingatan itu..betapa kangennya dengan ibu…

Hari Kartini di lingkungan kerja
Setelah absen ketika SD-SMU merayakan kartinian di alun-alun..saya merasakan kembali semngat kartinian di tempat kerja saya. Di Indosat Kayoon Surabaya..Kartini’s day juga biasanya dimanfaatkan sebagai hari fun factor..ini adalah foto terakhir saya bersama teman2 sebelum kepindahan saya ke Jakarta,how  was time flies….
Cerita lengkapnya msih tersimpan rapi di link ini http://chubbyku.multiply.com/journal/item/33/Sugeng_Dinten_Kartini

Hari Kartini saat saya sudah memiliki anak..

Azzam yang telah di PAUD kemarin tgl 21 April 2012 mengadakan peringatan kartinian sekolahnya di Carrefour Daan mogot jakbar dengan berbagai lomba untuk anak-anak..tapi…ketika telah disana, dianya malah tidak mau ikut lomba, malah masuk ke Carrefour dan mencari playground untuk bermain..namanya juga anak-anak yaaa..


Kartini’s day…alhamdulilah punya moment ini selain kita punya kenangan indah terhadapnya tentunya energy yang positif sebagai wanita Indonesia semoga terus memberikan inspirasi buat kita untuk terus menjalankan fungsi kita sebagai wanita, ibu, isteri madrasah ilmu yang pertama untuk keluarga kita dalam mencari keridhoan Alloh SWT…SELAMAT HARI KARTINI UNTUK WANITA2 INDONESIA..

Tidak ada komentar: